NasionalTekno

Tiga Inovasi Teknologi JNE Demi Memenuhi Kebutuhan E-Commerce

BTN iklan

Tingginya angka pertumbuhan e-commerce di Indonesia (bahkan disebut-sebut sebagai yang tertinggi di dunia) mendorong beberapa penyedia layanan logistik melakukan beragam inovasi di bidang teknologi demi memberikan pelayanan maksimal pada para pelaku bisnis e-commerce yang menjadi pelanggan mereka.

Salah satu penyedia layanan logistik di Indonesia yang melakukan inovasi di bidang teknologi itu adalah JNE. Menurut Vice President Marketing JNE, Eri Palgunadi, pihaknya telah melakukan beberapa terobosan untuk membantu perkembangan e-commerce di Indonesia. Lantas, apa saja inovasi tersebut? Berikut penjelasannya.


Luncurkan aplikasi MyJNE

Tampilan aplikasi MyJNE

Pada tahun 2016 lalu, JNE memperkenalkan aplikasi MyJNE yang memungkinkan penggunanya mengecek tarif pengiriman, status pengiriman, lokasi JNE terdekat, hingga memfasilitasi transaksi jual beli melalui fitur My COD.

Langkah ini diambil JNE sebagai bagian dari upaya mereka mengikuti perubahan tren yang mengarah ke dunia digital. Apalagi sebanyak tujuh puluh persen pengguna layanan JNE berasal dari e-commerce. Sedangkan tiga puluh persen lainnya berasal dari korporat. “Kami baru setahun belakangan ini menjalankan MyJNE, dan animonya cukup bagus,” kata Eri.


JNE Online Booking (JOB)

Melalui layanan ini, pelanggan JNE tak perlu lagi repot mengisi secara manual resi pengiriman sebagai bukti bahwa barang pesanan sedang dalam proses pengiriman.Pelanggan cukup mencetak nomor tiket atau kode booking, dan selanjutnya kode tersebut akan dipindai oleh petugas di gerai JNE.

Saat proses pemindaian sukses, maka pembeli secara otomatis akan mendapat notifikasi mengenai nomor resi barang pesanannya.

“Dengan JOB, pelanggan tak perlu memasukkan nomor resi secara manual. Beberapa marketplace besar sudah memakai fitur ini,” ujar Eri. Saat ini, fitur JOB bisa digunakan oleh para penjual yang berjualan di beberapa platform marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.


Kolaborasi kanal pembayaran

Selain memberikan fasilitas yang mempermudah aktivitas para penjual, JNE juga memberikan perhatian pada pembeli yang berbelanja di marketplace. Bentuk perhatian itu seperti menggandeng salah satu platform marketplace yakni Tokopedia, terkait opsi kanal pembayaran.

Melalui kerja sama ini, para pengguna Tokopedia bisa membayar pesanan online mereka secara offline di dua ratus kantor perwakilan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, baru kantor perwakilan JNE yang bisa menerima pembayaran Tokopedia. Sedangkan agen JNE belum bisa melakukannya.

Setelah bermitra dengan Tokopedia, Presiden Direktur JNE, M. Feriadi menyatakan pihaknya tak menutup kemungkinan melakukan kerja sama dengan platform marketplace lain.

read also

JNE memang bukan satu-satunya penyedia layanan logistik di Indonesia yang melakukan inovasi di bidang teknologi. Beberapa penyedia layanan logistik lainnya juga melakukan hal yang sama. Seperti J&T Express, yang melakukan inovasi untuk mempermudah pelanggannya ketika memasukkan nomor resi.

Melalui inovasi ini, pelanggan J&T Express tak perlu lagi memasukkan nomor resi ke platform e-commercemarketplace, atau toko online secara manual. Nomor resi itu sudah secara otomatis muncul di platform masing-masing. Inovasi hampir serupa juga dilakukan oleh Pos Indonesia terkait fitur Resi Otomatis yang bekerja sama dengan Bukalapak. id.techinasia

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami