Politik

Tiga Ketum Tingkatkan Elektabilitas

BTN iklan

Jakarta/Lei – Pengamat politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara mengatakan langkah tiga ketua umum partai pengusung utama untuk turun tangan di cagub-cawagub DKI Jakarta akan meningkatkan elektabilitas masing-masing kandidat.

“Turunnya elit politik atau ketum partai seperti Prabowo, Megawati dan SBY di Pilkada Jakarta jelas ada pengaruhnya bagi tiga kontestan yang berkompetisi di Pilgub DKI mendekati hari pemungutan suara 15 Februari 2017,” ujar Igor di Jakarta, Selasa.

Sebelumnyam, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ikut mendampingi pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno�saat kampanye di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (7/1).

Belakangan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengemukakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri siap berkampanye untuk pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor pemilihan dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Sementara, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, dalam beberapa kesempatan dan acara khusus mendampingi putranya yang maju di Pilgub DKI Jakarta dengan nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono yang berpasangan dengan Sylviana Murni.

Menurut Igor, hadirnya ketiga ketum partai itu di hadapan publik dapat mendongkrak elektabilitas para kandidat.

Alasan pertama, simpatisan, relawan, dan mesin parpol yang mengusung masing-masing pasangan calon akan lebih aktif dan semangat memenangkan jagoannya.

Kedua, turunnya para ketua umum untuk membantu kampanye kandidat yang diusung diharapkan dapat mempengaruhi para pemilih yang masih belum menentukan pilihan atau pemilih mengambang.

“Otomatis elektabilitas dari kandidat yang bersangkutan bisa lebih baik di mata publik,” jelas Igor.

Alasan ketiga, menurut dia, pertarungan pilkada DKI Jakarta merupakan “proxy war” dari rivalitas Megawati, SBY dan Prabowo, dalam konteks dan dinamika menuju pilpres 2019.

“Sehingga siapa pun yang memenangkan kursi panas DKI 1 akan memudahkan jalan untuk pertarungan RI-1 nanti,” nilai dia.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami