Olahraga

Timnas U-22 Maju Tanpa Tiga Pemain Kunci pada AFF 2019

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Timnas Indonesia U-22 dipastikan tak diperkuat tiga pemain kunci pada Piala AFF U-22 2019. Setelah Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian, giliran Saddil Ramdhani dipastikan absen.

Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri mengatakan, kabar tentang Saddil didapatnya pada sesi latihan bersama, Sabtu (2/2). Ia mengatakan, seharusnya pemain yang kini merumput bersama Pahang FA di Liga Malaysia itu sudah ikut bergabung ke pemusatan latihan timnas. Tetapi, Indra mengungkapkan, manajemen klub asal Kuantan, Malaysia, mengirimkan surat penolakan ke PSSI.

“Saddil batal untuk kita sertakan di Piala AFF. Karena kemarin, surat resmi dari Pahang FA, sudah kita terima,” kata Indra, Ahad (3/2). Dalam surat tersebut, manajemen Pahang hanya mengizinkan Saddil Ramdhani memperkuat timnas Indonesia, di gelaran level Asia, seperti Piala AFC yang menjadi kompetisi resmi kalender FIFA. Adapun Piala AFF merupakan kompetisi antar negara Asia Tenggara yang tak kalender resmi FIFA.

Timnas U-22 masih terancam kehilangan satu pemain terbaik lainnya, Osvaldo Haay yang akan melakukan uji coba di Eropa dalam pekan ini. Gelandang tengah milik Persebaya Surabaya itu dikabarkan dalam lirikan klub kasta kedua di Liga Spanyol, Numancia. Peluang Osvaldo merumput di Divisi Segunda, harus mengikuti trial. Soal rencana karier Osvaldo ini Indra mengaku mengganggu persiapan timnas Indonesia U-22.

“Dia (Osvaldo) sudah mendatangi saya bersama agennya. Tapi saya sudah memberikan arahan untuk tidak berangkat (ke Spanyol),” terang Indra. Sebab menurut Indra, keinginan Osvaldo merumput di Eropa, sejatinya tak perlu melewati uji coba. “Sangat disayangkan keputusan dia untuk tetap berangkat. Karena semestinya, sebagai pemain timnas, seharusnya team scouting mereka (dari Spanyol) yang melihat langsung Valdo bermain di sini (Indonesia),” kata Indra.

Meski belum mencoret nama Osvaldo, tetapi Indra memberikan masa waktu bagi Osvaldo kembali bergabung bersama tim kepelatihannya dalam pekan ini. Andai tidak, Indra pun mengaku terpaksa mencoret Osvaldo, seperti Egy, Ezra, dan Saddil dari skuat U-22 untuk Piala AFF. “Kami tunggu sampai pertandingan uji coba pekan ini. Jika tidak datang terpaksa saya mencari pengganti,” sambung Indra.

Kini, Indra menyisakan 29 nama dari 38 penggawa yang sejak 7 Januari ia pilih memasuki pemusatan latihan persiapan Piala AFF U-22. Turnamen skuat muda antarnegara ASEAN itu akan digelar pada 17 Februari di Phonm Penh, Kamboja. Indonesia U-22 tergabung dalam Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan tuan rumah Kamboja.

Sebelum mengikuti gelaran tersebut, Indra menjadwalkan dua kali uji tanding melawan tim lokal dari Liga 1 2019. Bhayangkara FC menjadi lawan pertama pada laga Rabu (6/2) di Jakarta. Sedangkan pada uji coba kedua, timnas U-22 akan menjajal Arema pada 10 Februari di Malang. Usai uji coba terakhir, Indra memastikan akan menentukan 23 nama penggawa utamanya yang akan terbang ke Kamboja.

Menengok sejumlah pemain U-23 yang ada saat ini, Indra punya beberapa sosok pengganti peran Ezra, Egy, pun Saddil, juga Osvaldo jika akhirnya absen. Dari 29 nama yang tersisa saat ini, Indra masih punya gelandang Witan Sulaiman mitra Egy di skuat U-19, dan Dimas Drajad. Di lini serang, Indra memiliki striker Marinus Wanewar yang menjadi tumpuan saat SEA Games 2017. [Republika]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami