Internasional

Tiongkok Pertama Kali Luncurkan Roket Long March 11 Dari Kapal di Laut

BTN iklan

BEIJING, (LEI) – Tiongkok untuk pertama kalinya berhasil meluncurkan roket dari sebuah kapal di laut pada hari Rabu (5/6/2019). Keberhasilan ini merupakan langkah terbaru dari kemajuan program luar angkasa Beijing yang ambisius.

Roket tersebut bernamakan Long March 11, meluncur dari sebuah platform pada tongkang semi-submersible besar di Laut Kuning, tepat setelah tengah hari. Keberhasilan itu dipublikasikan media pemerintah yang dilansir Reuters.

Roket yang tergolong kecil ini dirancang untuk dikerahkan dengan cepat dan dari situs peluncuran seluler seperti kapal, membawa tujuh satelit, termasuk satu yang mengukur angin permukaan laut untuk memprediksi topan.

Roket itu juga membawa dua satelit komunikasi milik China 125, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing yang berencana meluncurkan ratusan satelit untuk menyediakan layanan jaringan data global.

Tiongkok telah menjadikan program luar angkasanya sebagai prioritas utama dalam beberapa tahun terakhir karena berlomba untuk mengejar Amerika Serikat dan menjadi kekuatan antariksa utama pada 2030. Beijing berencana memulai pembangunan stasiun ruang angkasa berawaknya sendiri tahun depan.

Kendati Tiongkok bersikeras ambisinya itu murni untuk tujuan damai, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menuduhnya melakukan kegiatan yang bertujuan mencegah negara lain menggunakan aset berbasis ruang angkasa selama krisis terjadi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami