Kesehatan

Tips Agar Tak “Tumbang” Dikejar Deadline

BTN iklan

(LEI) – Masa kini sudah makin tak mengenal istilah office hour. Banyak sekali pekerja kantoran yang terpaksa lembur untuk menyelesaikan tugas karena dikejar deadline.

Ada banyak juga mereka yang baru sampai rumah dini hari sehingga waktu tidurnya berkurang. Belum lagi selama bekerja sering ditemani oleh makanan dan minuman yang tidak sehat. Kedua hal ini tentu dapat membuat kondisi kesehatan tubuh memburuk bila dibiarkan terus menerus.

Dijelaskan oleh ahli nutrisi, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi,SpGK, agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga dari tuntutan pekerjaan, perlu dilakukan beberapa hal. “Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang kerja pada malam hari adalah ikuti irama tubuh. Begitu sampai rumah, usahakan untuk langsung tidur. Kalau perlu lakukan sleep hygiene yaitu bersihkan area tempat tidur dari ponsel ataupun buku,” ujar dr Juwalita.

Akan tetapi, pastikan sebelum tidur tubuh dalam kondisi yang bersih. Kondisi tersebut membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. “Jaman sekarang rasanya jarang orang bisa tidur 8 jam. Tapi sebenarnya tidur 6-7 jam saja sudah cukup asalkan tidak ada gangguan,” tambahnya.

Mengenai makanan, dr Juwalita menyarankan agar makan besar dilakukan satu hingga dua jam sebelum kerja dimulai. Misalkan kerja lembur baru dimulai pada pukul 7 malam, maka jam 5 atau 6 sore harus sudah makan. Makanan yang dikonsumsipun harus seimbang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

“Jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Misalnya seperti nasi goreng atau mie ayam. Sebab makanan yang kandungan gulanya tinggi akan membuat tubuh cepat lapar kembali dan mengganggu kinerja. Jadinya mudah mengantuk dan kerjanya tidak fokus. Makanan seimbang membuat tubuh mengeluarkan glukosa secara perlahan sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama,” terangnya.

Sedangkan bila pekerja di malam hari ingin mengonsumsi camilan, dr Juwalita menyarankan agar mengonsumsi jus, potongan buah, atau biskuit gandum. “Selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik. Luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk bergerak. Misalnya saja berangkat kerja menggunakan angkutan umum atau memarkir kendaraan yang letaknya jauh dari kantor. Jadi ada spare waktu untuk bergerak dengan berjalan kaki,” pungkasnya. [okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami