Internasional

TNI Tunggu Penjelasan AS Tolak Gatot Pergi ke Amerika

BTN iklan

Jakarta, LEI – TNI masih menunggu penjelasan dari Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS) atas sikap Pemerintah AS melarang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memasukki wilayah AS untuk menghadiri konferensi di Washington DC.

“Begitu ada pemberitahuan, kita langsung menyampaikan surat ke pangab Amerika Serikat,” kata Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Namun hingga hari ini, pemerintah AS belum memberikan perjelasan resmi soal penolakan kedatangan Gatot. “Kita masih menunggu penjeasalan dari pemerintah Amerika,” katanya.

Wuryanto menjelaskan, kejadian ini berawal dari surat undangan untuk menghadiri satu konferensi yang akan berlangsung di Washington DC pada 23 dan 24 Oktober 2017 yang akan dihadiri oleh 78 panglima angkatan bersenjata di kawasan Asia Pasifik.

“Undangan itu dikirim oleh panglima angkata bersenjata Amerika Serikat, Joseph F Durford yang merupakan sahabat sekaligus senior panglima TNI,” katanya.

Atas undangan tersebut, Jenderal Gatot kemudian membalasnya melalui surat dan mengonfirmasi akan hadir sebagai bagian dari penghargan dan penghormatan kepada pihak yang mengundang.

“Panglima TNI beserta istri dan delegasi, telah mengurus visa dan segala keperluan administrasi lainnya untuk persiapan keberangkatan,” katanya.

Kemudian, pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017, Gatot dan rombongan berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang menggunakan maskapai Emirates. Mereka akan terbang pada pukul 17.50 WIB.

“Namun beberapa saat sebelum keberangkatan, ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan, bahwa panglima TNI beserta istri tidak boleh memasuki wilayah Amerika Serikat oleh U.S. Customs and Border Protection,” katanya.

Atas kejadian tersebut, TNI telah melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui ajudannya, kepada menteri luar negeri (menlu), dan menkopolhukam, serta mengirimkan surat kepada panglima milter AS.

“Pihak TNI masih menunggu penjelasan atas insiden ini, mengingat kepergian ke Amerika Serikat atas undangan pangab dan atas hubungan baik kedua negara, serta hubungan baik antara panglima bersenjata Amerika Serikat dengan panglima TNI,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close