Internasional

Topan Jongdari Hantam Jepang, Sedikitnya 19 Luka-Luka

BTN iklan

TOKYO (LEI) –Topan kuat Jongdari telah melanda bagian tengah dan barat Jepang, melukai sedikitnya 19 orang dan memutus aliran listrik ke ribuan rumah. Topan tersebut juga membawa hujan lebat dan angin yang mencapai kecepatan hingga 180 kilometer per jam.

Topan Jongdari mendarat di pulau utama Jepang, Pulau Honshu pada pukul Minggu, 29 Juli pukul 01.00 dini hari. Pejabat badan cuaca Jepang telah menurunkan status topan tersebut menjadi badai tropis, namun mengingatkan bahwa hujan lebat dapat memicu terjadinya longsor.

Kantor berita Jepang, NHK melaporkan, Topan Jongdari telah memutus aliran listrik ke 150 ribu rumah.

Pada tengah hari, topan tersebut telah bergerak ke arah barat dan puluhan ribu warga telah diminta untuk meninggalkan rumah mereka. Sebelumnya, pada Sabtu, perintah evakuasi telah diumumkan kepada 36.400 warga di Kota Shobara, sebelah barat Jepang, dan 6.300 lainnya di Kota Kure.

“Kami takut orang-orang mungkin tidak dapat mengungsi karena angin kencang atau banjir memblokir rute evakuasi,” kata Gubernur Hiroshima, Hidehiko Yuzaki sebagaimana dilansir BBC, Minggu (29/7/2018).

“Saya ingin orang-orang mengungsi terlebih dahulu sehingga mereka dapat menyelamatkan nyawa mereka.”

Gelombang besar telah terlihat di pantai barat daya dari Tokyo dan layanan kapal feri telah dihentikan. Ratusan penerbangan juga telah dibatalkan selama akhir pekan seiring dengan semakin dekatnya badai ke wilayah pantai Jepang.

Jepang baru saja memulihkan diri dari bencana banjir dan suhu panas yang menewaskan ratusan orang dalam dua bulan terakhir. Topan Jongdari menjadi bencana baru yang harus dihadapi oleh penduduk Negeri Matahari Terbit yang sedang berada dalam musim topan. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami