Liputan

Trans Semarang Latih petugas Perdalam Keselamatan Transportasi

BTN iklan

Semarang, 20/2 (Antara) – Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang memberikan pendidikan dan pelatihan kepada petugas persiapan armada untuk memperdalam tentang keselamatan transportasi.

“Ada sebanyak 20 personel yang sudah menjalani diklat di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal,” kata Pelaksana Tugas Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti di Semarang, Selasa.

Menurut dia, keselamatan transportasi merupakan prioritas dalam pelayanan yang diberikan Trans Semarang, utamanya dengan pengecekan armada sebelum dioperasikan.

Menindaklanjuti keluhan tentang kondisi AC (air conditioner) yang bocor, tidak dingin, hingga kopling “nyeplos”, pihaknya berupaya lebih ketat dalam pengecekan armada.

“Makanya kami kirimkan petugas pengecekan armada untuk mengikuti diklat di Tegal. Ini untuk me-‘refresh’ kembali pengetahuan rekan-rekan saya di petugas persiapan armada,” katanya.

Ade menegaskan tidak boleh ada toleransi mengenai kelaikan armada untuk meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya menjamin keselamatan transportasi.

“Selama di sana, mereka diajarkan kedisiplinan, pengetahuan mengenai komponen kendaraan dan fungsi, uji emisi, dan laik jalan kendaraan. Diklatnya belum lama ini selesai,” katanya.

Mengenai kelaikan armada, selama ini Trans Semarang juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, salah satunya peremajaan armada yang masa pengoperasiannya sudah lama.

Ia mengatakan masa pemakaian armada kendaraan umum sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 551.2/156 tentang Peremajaan Kendaraan Umum Dalam Kota di Wilayah Kota Semarang.

“Sesuai dengan perwal, untuk kendaraan umum jenis bus berukuran besar dan sedang maksimal 10 tahun harus diremajakan karena berkaitan dengan keandalan armada,” katanya.

Awal tahun ini, kata dia, ada 21 armada Bus Rapid Transit (BRT) Transsemarang di Koridor II rute Terminal Terboyo-Sisemut, Kabupaten Semarang, yang sudah diremajakan.

“Dari 21 unit armada baru BRT Transsemarang itu, sebanyak 14 unit sudah beroperasi sejak 9 Desember 2017, sementara tujuh unit menyusul beroperasi pada 1 Februari 2018,” kata Ade.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami