Internasional

Trump Ingin Gelar Parade Militer Besar-Besaran di Washington

BTN iklan

WASHINGTON, lei – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan pejabat Pentagon dan Gedung Putih untuk merencanakan sebuah parade militer di Washington. Washington Post melaporkan, Trump ingin parade tersebut digelar seperti parade militer yang dia saksikan pada peringatan Bastille Day di Paris, Prancis, Juli tahun lalu.

Keinginan itu disampaikan Trump dalam sebuah pertemuan di Pentagon pada 18 Januari. Menteri Pertahanan AS, James Mattis dan Panglima Militer AS, Jenderal Joseph Dunfrod turut hadir dalam pertemuan tersebut.

“Perintahnya adalah: Saya menginginkan sebuah parade seperti yang ada di Prancis,” kata seorang pejabat militer sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (8/2/2018). Dia menambahkan, perintah itu tengah dikerjakan di tingkat tertinggi militer.

Mengklairifikasi laporan Washington Post tersebut, Gedung Putih menyatakan bahwa Trump telah meminta Departemen Pertahanan untuk menjajaki digelarnya “sebuah perayaan di mana seluruh rakyat AS dapat menunjukkan apresiasinya.”

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, perencanaan parade baru dalam tahap pengumpulan ide dan belum ada yang diputuskan. Sementara Juru Bicara Pentagon mengatakan bahwa pihaknya baru memulai tahap penjajakan kemungkinan, termasuk waktu yang tepat.

Trump mengatakan bahwa dia terkesan dengan parade militer yang dia amati di Paris pada 14 Juli tahun lalu. Tentara AS dan Prancis berbaris bersama untuk meperingati 100 tahun terjunnya AS ke dalam kancah Perang Dunia I dan peringatan tahunan Bastille Day Prancis.

Parade tersebut turut melibatkan tank, kendaraan lapis baja, dan jet militer AS dan Prancis yang terbang melintas.

“Dalam tingkat yang besar, karena apa yang saya saksikan, kita mungkin melakukan parade seperti itu pada 4 Juli di Washington sampai ke Pennsylvania Avenue,” kata Trump pada September lalu.

Washington sebelumnya pernah menggelar parade militer besar untuk memperingati peristiwa penting, termasuk kemenangan dalam perang. Namun, tank dan pasukan yang melintas di Pennsylvania Avenue bukan hal yang biasa digelar pada peringatan Hari Kemerdekaan AS.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami