Internasional

Trump Malah Beri 12 Ribu Senjata ke Pemberontak Suriah

BTN iklan

ANKARA, (LEI) – Presiden Amerika Serikat Donald Trump lagi-lagi membuat berang negara lain dengan menyetujui menyediakan senjata senilai US$ 393 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun untuk pemberontak di Suriah, Unit Pertahanan Rakyat (YPG). Sikap Trump diprotes Turki.

Media Turki, Hurriyet Daily, dalam laporannya mengatakan, Trump telah menandatangani daftar senjata yang disodorkan Pentagon pada Mei dan 12 Desember 2017, atau 18 hari setelah melakukan percakapan telepon dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Menurut Hurriyet Daily, Trump memerintahkan para jenderalnya tidak mempersenjatai YPG. “Trump secara terbuka mengatakan akan mengakhiri bantuan ke para pemberontak di sana,” kata Menteri Luar Negeri Turki, Mevlüt Çavuolu, kepada wartawan.

YPG adalah penjelmaan Partai Pekerja Kurdi (PKK), organiasi terlarang yang berperang melawan pemerintah Turki selama bertahun-tahun di timur laut Turki. Sebaliknya Amerika, negeri itu memandang YPG berbeda dengan PKK dan juga sebagai mitra kunci melawan ISIS.

Pada 9 Mei 2017, Pentagon mengumumkan bahwa elemen Kurdi dari Pasukan Demokratik Suriah, termasuk YPG, akan memberikan bantuan senjata guna membantu mengusir militan ISIS dari wilayah yang mereka kuasai di Raqqa, Suriah.

Daftar senjata yang dikirimkan ke para pemberontak YPG itu termasuk 12 ribu pucuk senjata laras panjang Kalashnikov dan puluhan ribu senapan mesin.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami