Internasional

Trump: Pasukan AS Akan Segera Ditarik dari Suriah

BTN iklan

WASHINGTON (LEI) – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membuat sebuah pengumuman mengejutkan dengan mengatakan akan menarik pasukan Amerika Serikat dari Suriah. Trump mengatakan, ISIS di Suriah sudah berhasil dikalahkan dan pasukannya dibutuhkan untuk mempertahankan perbatasan Amerika Serikat dan untuk membangun infrastruktur yang sudah rapuh.

“Kita keluar dari Suriah segera. Biarkan orang lain yang mengurusnya sekarang, ” kata Trump dalam sebuah pidato di Richfield, Ohio pada Kamis, sebagaimana dilansir RT, Jumat (30/3/2018).

Trump mengatakan, Amerika Serikat telah menghabiskan USD7 triliun di Timur Tengah dan membangun sekolah di sana hanya untuk dihancurkan oleh pemberontak, sementara dana untuk pembangunan sekolah di Ohio tidak ada.

“Kita membangun sekolah, mereka meledakkannya. Kita membangun kembali sekolah, mereka belum meledakkannya, tetapi mereka akan melakukannya, ” ujarnya.

Dia juga menyebutkan mengenai “tembok” dan 32.000 tentara Amerika Serikat yang menjaga perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan tetapi di sisi lain perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko tidak dilindungi.

Pernyataan Trump tentang Suriah sejalan dengan apa yang dia katakan bulan lalu, pada konferensi pers di Washington dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull. Saat itu dia kembali menegaskan bahwa tujuan tentara Amerika Serikat berada di Suriah adalah hanya untuk membasmi kelompok militan ISIS.

“Kita di sana untuk satu alasan: untuk menghadapi ISIS dan menyingkirkan ISIS, dan pulang,” kata Trump. “Kita tidak berada di sana karena alasan lain dan kita telah mencapai tujuan .”

Namun, komentar Trump tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Departemen Luar Negeri dan militer Amerika Serikat. Pada Januari, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat saat itu, Rex Tillerson mengungkapkan garis besar perpanjangan keberadaan pasukan Amerika Serikat di Suriah untuk mempersiapkan transfer kekuasaan setelah Presiden Bashar al Assad digulingkan. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami