Internasional

Trump Tuduh Ilmuwan ‘Memiliki Agenda Politik’, Tetapi Akui Perubahan Iklim Bukan Hoaks

BTN iklan

(LEI)- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menuduh para ilmuwan perubahan iklim memiliki ‘agenda politik,’ dan meragukan bahwa manusia bertanggung jawab atas naiknya suhu bumi.

Di sisi lain, Trump mengatakan dia tidak lagi percaya bahwa perubahan iklim adalah hoaks.

Pernyataan-pernyataan itu ia sampaikan dalam wawancara dengan CBS 60 Menit, kurang dari seminggu setelah para ilmuwan iklim melontarkan seruan bagi dunia internasional untuk menghentikan peningkatan suhu planet ini.

Para ilmuwan terkemuka di dunia sudah sejak lama bersepakat bahwa perubahan iklim disebabkan oleh manusia.

Pekan lalu, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) – badan internasional terkemuka yang mengevaluasi perubahan iklim – memperingatkan bahwa dunia sedang mengarah pada kenaikan suhu hingga 3 derajat Celcius.

Para ilmuwan mengatakan bahwa fluktuasi alami suhu bumi diperburuk oleh aktivitas manusia – yang telah menyebabkan pemanasan global sebesar 1 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Menurut laporan itu, jika kenaikan suhu bisa tetap pada 1.5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri, itu akan menjadi “perubahan cepat berjangkauan luas, dan belum pernah terjadi sebelumnya di semua aspek masyarakat”.

Apa kata Trump tentang perubahan iklim?

Selama wawancara pada Minggu (14/10), Trump menyatakan keraguannya untuk membuat perubahan kebijakan, dengan alasan para ilmuwan ‘memiliki agenda politik yang sangat besar.’

Trump menambahkan bahwa suhu bumi ‘sangat mungkin untuk kembali (seperti semula)’ – meskipun ia tidak mengatakan bagaimana.

Selain perubahan iklim, selama wawancara itu Trump juga menyampaikan beberapa hal:

• Ia mengklaim, ‘sehari sebelum’ dia mengambil alih kepresidenan, AS nyaris ‘melancarkan perang dengan Korea Utara’

• Menurutnya Presiden Rusia Vladimir Putin ‘mungkin’ terlibat dalam pembunuhan politik

• Menolak untuk mengatakan apakah akan menerapkan lagi kebijakan pemisahan anak imigran, tetapi menegaskan ‘harus ada konsekuensi’ untuk yang memasuki AS secara ilegal

• Menurutnya ia telah memperlakukan Christine Blasey Ford (yang mengaku dilecehkan secara seksual oleh Hakim Agung Kavanaugh) dengan ‘penuh hormat’ setelah mengolok-olok kesaksiannya di depan ribuan orang di sebuah rapat umum.

Betapa pun, Trump mengakui bahwa perubahan iklim adalah hal yang nyata.

“Saya pikir itu bukan hoaks, saya pikir mungkin ada perbedaan (suhu akibat perubahan iklim),” katanya kepada wartawan Lesley Stahl.

“Tapi saya tidak tahu apakah itu karena manusia. Saya akan mengatakan ini: Saya tidak ingin memberikan triliunan dolar. Saya tidak ingin kehilangan jutaan lapangan kerja. Saya tidak ingin ditempatkan pada posisi yang kurang menguntungkan. ” (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Lihat juga

Close
Close