Internasional

Trump Tuduh Rusia Bantu Korut Hindari Sanksi

BTN iklan

WASHINGTON, Lei – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengeluhkan perilaku Rusia yang disebutnya membantu Korea Utara (Korut) menghindari sanksi internasional. Padahal, menurut Trump, China sudah membantu AS untuk menekan Pyongyang.

“Rusia tidak membantu kami untuk Korea Utara. Apa yang dilakukan China untuk membantu kita, Rusia lakukan sebaliknya. Dengan kata lain, Rusia memperbaiki apa yang dilakukan China,” ujar Donald Trump dalam wawancara di Gedung Putih, melansir dari Reuters, Kamis (18/1/2018).

Dengan semakin menguatnya ancaman Korea Utara dan rezim Kim Jong-un, Trump justru menyuarakan keraguan bahwa perundingan akan berguna. Padahal, selama ini pria berusia 71 tahun itu selalu menyuarakan kemungkinan untuk duduk bersama dengan Kim Jong-un.

“Saya akan duduk bersama, tetapi tidak yakin apakah itu akan memecahkan masalah,” imbuh Trump. Ia lantas menyalahkan para pendahulunya, Bill Clinton, George Walker Bush, dan Barack Obama, yang gagal menyelesaikan krisis.

“Saya duga mereka menyadari harus meninggalkan masalah ini kepada Presiden yang mencetak skor tertinggi,” canda Trump. Pria asal New York itu merujuk pada hasil tes kesehatan dan kejiwaan yang menyatakan dirinya mendapat skor tertinggi.

Donald Trump berharap bahwa kebuntuan dengan Korea Utara dapat diselesaikan lewat cara yang damai. Tetapi, ia juga mengingatkan bahwa mungkin saja cara yang damai itu tidak akan terjadi.

Suami dari Melania Trump itu lantas memuji China atas upayanya untuk menghentikan suplai minyak dan batu bara ke Korea Utara. Akan tetapi, Trump kembali menegaskan bahwa Negeri Tirai Bambu seharusnya bisa melakukan hal yang lebih untuk menekan Korut.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami