Internasional

Turki tangkap 51 Guru Yang Terlibat Kudeta

BTN iklan

Istanbul, (Lei) – Pihak berwenang Turki pada Senin mengeluarkan perintah penangkapan terhadap 107 guru, yang diduga memiliki hubungan dengan ulama, yang Ankara tuduh menjadi dalang kudeta pada tahun lalu, kata kantor berita Dogan.

Lima puluh satu guru ditahan di Ankara setelah jaksa setempat mengeluarkan perintah tersebut, kata Dogan. Laporan tersebut menambahkan bahwa pembersihan terus berlangsung untuk menangkap sejumlah guru lagi.

Para guru itu sebelumnya dicopot dari pekerjaan mereka sebagai bagian dari tindakan keras terkait percobaan kudeta pada Juli 2016, katanya.

Turki menuduh Fethullah Gulen, ulama dalam pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat, sejak 1999, menjadi dalang dalam kudeta gagal itu. Gulen membantah terlibat dan mengutuk kudeta tersebut.

Lebih dari 50.000 orang telah dipenjara, menunggu persidangan dalam tindakan keras tersebut, sementara 150.000 orang, termasuk anggota militer, guru dan pegawai negeri, telah dipecat atau dicopot dari pekerjaan mereka.

Pemerintah menolak kekhawatiran kelompok hak asasi manusia terkait tindakan keras tersebut, dengan melakukan pembelaan bahwa hanya pembersihan semacam itulah yang dapat meredakan ancaman jaringan Gulen. Ancaman tersebut dinilai menyusup ke dalam unsur peradilan, tentara, sekolah dan lembaga lain. (Antara/Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami