Internasional

Turki Tegaskan Telah Beritahu Suriah Soal Operasi di Afrin

BTN iklan

ANKARA,Lei – Turki membantah kabar bahwa mereka tidak memberitahu Suriah mengenai serangan terhadap basis milisi Kurdi di wilayah Afrin, utara Suriah. Serangan itu sendiri berlangsung kemarin.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan, pihak berwenang Turki telah menginformasikan pada rezim Suriah mengenai operasi di Afrin, yang disebut sebagai “Operation Olive Branch”. Meski dia mengakui Damaskus tidak memberikan respon atas pemberitahuan tersebut.

“Kami telah menginformasikan (rezim di Suriah) melalui sebuah catatan tertulis,” kata Cavusolgu dalam sebuah wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (21/1).

“Ini tidak berarti bahwa kami telah mendapat izin dari mereka. Kami telah mengirim catatan seperti itu karena kami bertindak sesuai dengan hukum internasional,” sambungnya.

Dia kemudian mengatakan, ini bukan pertama kalinya Turki mengirim sebuah catatan, dengan mengatakan pernyataan serupa dikirim ke rezim tersebut selama Operasi Perisai Efrat di Suriah pada tahun 2016.

Cavusoglu  menggarisbawahi prioritas tinggi Turki untuk menyelamatkan warga sipil dan mengatakan bahwa hanya teroris yang menjadi sasaran operasi tersebut. “Saat ini, 95 persen target yang teridentifikasi ditembak dengan presisi penuh,” ungkapnya.

Dia juga mencatat bahwa perkembangan saat ini di Suriah tidak terkait dengan konferensi Suriah yang dijadwalkan akan diadakan akhir bulan ini di Sochi, Rusia.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami