Internasional

TURKI UMUMKAN NASIB 53 PRAJURIT TERKAIT JARINGAN GULEN

BTN iklan

Istanbul,(Lei) – Jaksa Turki mengeluarkan perintah penahanan bagi 53 sersan atas dugaan keterkaitan hubungan dengan ulama tersangka dalang percobaan kudeta pada tahun lalu, kata media pemerintah Turki pada Selasa.

Dua puluh tersangka telah ditahan dalam gerakan di 12 provinsi, kata kantor berita Anadolu, yang dikelola pemerintah.

Tiga puluh tiga tentara lagi dalam pencarian, katanya.

Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan pada Senin bahwa hampir 700 orang ditahan selama pekan lalu atas tuduhan terkait dengan jaringan, yang Ankara sebut “Kelompok Teroris Gulenis”.

Sekitar 50.000 orang ditangkap sejak kudeta gagal pada Juli 2016 dan sekitar 150.000 orang diberhentikan atau dicopot dari jabatannya, termasuk tentara, polisi, guru dan pegawai negeri, karena diduga terlibat dengan gerakan ulama Fethullah Gulen, yang bermarkas di Amerika Serikat.

Gulen, yang pernah tinggal dalam pengasingan di Pennsylvania sejak 1999, membantah tuduhan itu dan mengutuk kudeta tersebut.

Kelompok hak asasi dan beberapa sekutu Barat Turki khawatir bahwa Presiden Tayyip Erdogan menggunakan kudeta tersebut sebagai dalih untuk memberengus perbedaan pendapat.

Pemerintah berpendapat bahwa diperlukan tindakan keras karena pengaruh besar upaya kudeta itu, yang menewaskan 240 orang pada 15 Juli 2016. (Antara/Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami