InternasionalLiputanTekno

Twitter Tutup Ratusan Aplikasi Pengendali Bot

BTN iklan

JAKARTA(LEI)- – Twitter telah menutup lebih dari 143 ribu aplikasi dari layanannya sejak April lalu. Aplikasi itu biasanya digunakan untuk mengendalikan akun-akun bot yang bisa mengirimkan cuitan atau melakukan reweet otomatis.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari aksi bersih-bersih yang dilakukan aplikasi media sosial itu dari kegiatan penyebaran hoaks yang dilakukan melalui bot-bot tersebut.

Twitter menyebut saat ini tengah melakukan pengetatan terhadap API (application programming interfaces) miliknya. API adalah serangkaian kode dan protokol untuk menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Twitter membuat API ini agar pengembang pihak ketiga agar bisa menciptakan aplikasi lain yang terhubung dengan sistem Twitter.

Pengembangan API sebenarnya adalah hal lumrah yang banyak dilakukan aplikasi lain, seperti Facebook misalnya. Keterhubungan antar aplikasi inilah yang juga memicu skandal penyalahgunaan data pengguna yang dilakukan oleh Cambridge Analytica dengan memanfaatkan aplikasi kuis kepribadian yang dibuat oleh Profesor Kogan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami