InternasionalTekno

Ubah Peraturan, Kini Generasi Wi-Fi Lebih Mudah Dibedakan

BTN iklan

(LEI)-Di jaman sekarang ini koneksi internet sudah hadir dimana saja dan kapan saja.  Salah satu faktor yang mendorong peningkatan penyebaran internet ini adalah kehadiran koneksi Wi-Fi di berbagai tempat umum, seperti café, restoran, hotel, mall, bandara dan lain sebagainya.

Walaupun banyak masyarakat yang menggunakan koneksi Wi-Fi, namun hanya sebagian pengguna yang mengetahui apa saja standar Wi-Fi yang ada saat ini.  Hal ini cukup wajar terjadi mengingat koneksi penamaan yang agak membingungkan dengan kombinasi angka yang panjang dan huruf.

Untuk itu, Wi-Fi Alliance yang merupakan organisasi yang mendesain standar Wi-Fi mengumumkan mulai dari tahun depan, standar nama yang ada sekarang ini digantikan dengan memakai metode satu nomor yang menandakan generasi dari standar Wi-Fi yang ada selama ini.

Seperti contohnya untuk standar Wi-Fi 802.11n akan digantikan dengan Wi-Fi 4, Wi-Fi 802.11ac akan digantikan dengan Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 802.11ax akan digantikan dengan Wi-Fi 6. Wi-Fi Alliance juga mengumumkan icon baru yang nantinya akan berkerjasama dengan penyedia operasi sistem untuk mengadopsi icon terbaru ini. Tampilan icon ini nantinya akan mempermudah pengguna dalam membedakan koneksi Wi-Fi generasi mana yang sedang digunakan.

Wi-Fi Alliance juga menerapkan perubahan nama ini untuk sertifikasi. Mulai tahun 2019 perangkat yang menggunakan teknologi 802.11ax terbaru wajib menuliskan nama Wi-Fi 6 di keterangan produknya. Kebijakan produk ini juga diharapkan dapat meningkatkan edukasi Wi-Fi 6 terbaru ke masyarakat. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close