Olahraga

Usai Juara Piala AFF, Timnas Indonesia U-16 Kini Fokus Tembus Piala Dunia

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Timnas Indonesia U-16 membuktikan bahwa merwaka wajib disegani di kancah Asia setelah menjuarai Piala AFF U-16. Setelah sukses itu, mereka akan berlaga di ajang yang lebih tinggi, yakni Piala Asia U-16 2018.

Sempurna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan penampilan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16. Tak ada satu pun lawan yang mampu membuat skuat Garuda Asia tertunduk mengakhiri laga dengan kepala tertunduk.

Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja dibuat tak berkutik di fase grup. Lalu, ada Malaysia yang gagal saat mencoba menghadang mereka di semifinal. Terakhir, Thailand pun dibuat menangis usai kalah dari Timnas U-16 lewat adu penalti.

Kesuksesan di Piala AFF U-16 pun jadi modal bagi Timnas U-16 untuk menatap target yang lebih besar. Ya, tim besutan Fakhri Husaini itu akan berlaga di Piala Asia U-16 pada 20 September-7 Oktober 2018.

Target Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia U-16 adalah menembus semifinal. Jika mampu direalisasikan, secara otomatis Timnas U-16 berhak tampil di Piala Dunia U-17 2019 yang berlangsung di Peru, 5-27 Oktober 2018. Finis di empat besar Piala Asia U-16 jadi syarat mutlak.

“Pastinya PSSI terus memberikan mereka motivasi. AFF, AFC, dan Piala Dunia. Itu sasaran kami,” ujar Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Bikin Terkesan

Finis di empat besar bukan hal yang tak pernah dilakukan Timnas U-16. Indonesia sempat melakukannya pada Piala Asia 1990 di Arab Saudi. Namun, saat itu hanya ada delapan tim yang tampil di Piala Asia U-16.

Kali ini, Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan tergabung di Grup C bersama Iran, Vietnam, dan India. Petualangan perdana akan dimulai dengan menghadapi Iran pada 21 September 2018. Setelah itu secara beruntun mereka melawan Vietnam dan India.

“Timnas U-16 sangat bagus mainnya, kami pun jadi sangat optimistis. Kita lihat saja ke depannya seperti apa,” Edy menegaskan.

Jadwal Timnas U-16 di Piala Asia

21 September 2018

Iran vs Indonesia

24 September 2018

Indonesia vs Vietnam

27 September 2018

[Liputan6.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami