Internasional

Usai Olimpiade, Korsel Akan Gelar Latihan Militer Gabungan dengan AS

BTN iklan

SEOUL – Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan rencana latihan militer gabungan yang sempat tertunda sebelum April. Seoul dan Washington sebelumnya setuju untuk menunda digelarnya latihan militer gabungan sampai Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade yang digelar di Pyeongchang, Korea Selatan selesai.

Setelah diumumkannya keputusan untuk menunda latihan gabungan tersebut, Korea Utara (Korut) setuju untuk melakukan pembicaraan dengan Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam waktu lebih dari dua tahun. Pembicaraan tersebut meredakan ketegangan antara dua Korea dan memastikan partisipasi Pyongyang dalam Olimpiade Musim Dingin.

Menteri Pertahanan Korea Selatan, Song Young-moo mengatakan, kapan pastinya latihan gabungan tersebut akan digelar akan diumumkan pada 18 Maret mendatang.

“Latihan itu ditunda sesuai semangat Olimpiade. Kami telah sepakat untuk menegakkan dasar sampai setelah Paralimpiade dan tidak mengonfirmasi atau menyangkal apapun mengenai apa yang akan kami lakukan setelahn itu sampai kami mengumumkannya,” kata Song sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (20/2/2018).

Rencana itu segera mengundang reaksi dari Pyongyang yang menyatakan tidak akan berdiam diri jika Seoul dan Washington tetap akan menggelar latihan militer gabungan tersebut. Korea Utara menyebut latihan itu merupakan persiapa Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk melakukan invasi ke negaranya dan merespons dengan melakukan uji coba rudal balistik atau tindakan agresif lainnya.

Kantor berita Korea Utara, KCNA mengatakan, dimulainya kembali latihan militer gabungan tersebut adalah sebuah “tindakan yang menginjak-injak tunas perdamaian yang sekarang dapat dilihat di Semenanjung Korea.”

Ketegangan di kawasan Semenanjung Korea telah menurun sejak kedua Korea setuju untuk melakukan pembicaraan dan muncul bersama dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin. Seoul dan Pyongyang bahkan sempat memunculkan ide untuk menjadi tuan rumah bersama Asian Games Musim Dingin pada 2021 yang direspons oleh pejabat Korea Utara dengan mengatakan, “hal itu mungkin terjadi.”

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami