Liputan

Usai Temui PM Pakistan, Presiden Jokowi Bertolak ke Bangladesh

BTN iklan

ISLAMABAD, Lei – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mendapat sambutan secara kenegaraan oleh Perdana Menteri (PM) Pakistan, Shahid Khaqan Abbasi, di kediamanya resminya, Islamabad. Keduanya lantas menuju Dais Kehormatan sambil diiringi dengan lagu kebangsaan kedua negara.

Setelah upacara kenegaraan, Presiden Jokowi mengadakan pertemuan Tete-a-Tete dengan PM Abbasi. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepahaman di bidang energi dan perdagangan, diakhiri dengan jamuan santap siang bersama PM Abbasi. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Perdana Menteri Pakistan, PM House.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangan pers kepada Okezone, Sabtu (27/1/2018) mengatakan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan akan bertolak menuju Bangladesh sekira pukul 12.30 waktu setempat atau 14.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Setibanya di Dhaka, Bangladesh, sejumlah agenda telah menanti Presiden dan Ibu Iriana.

Tiba di Bandar Udara Internasional Hazrat Shahjalal, Dhaka, Bangladesh, Presiden dan Ibu Iriana akan disambut dengan upacara kenegaraan. Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam selama berada di Dhaka.

Presiden Jokowi akan menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hassan Mahmood Ali di hotel tempat Presiden menginap pada sore hari waktu setempat.

Sedangkan pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Bangladesh Abdul Hamid akan dilaksanakan di Credential Hall, Bangabhan Presidential Palace pada malam hari dan diakhiri dengan jamuan santap malam bersama.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno mengatakan bahwa kunjungan Presiden Jokowi adalah kunjungan kenegaraan yang sangat dinantikan.

“Kunjungan pertama sejak 15 tahun terakhir, jadi Bangladesh sangat mengharapkan kunjungan ini, apalagi setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina beberapa kali berkunjung ke Indonesia,” ucap Rina di Dhaka, pada 26 Januari.

Kunjungan ini, ucap Rina, juga akan terasa sangat spesial bagi kedua negara, baik Indonesia maupun Bangladesh. Mengingat hubungan kedua negara yang sudah terjalin dengan baik sejak lama.

“Kunjungan Bapak Presiden di Bangladesh dalam rangkaian kunjungan ke negara-negara Asia Selatan merupakan bagian dari upaya untuk membuka kesempatan-kesempatan baru antara kedua negara khususnya dengan Bangladesh, khususnya banyak sekali potensi kerja sama yang dapat dikembangkan oleh kedua pihak,” ujar Rina.

Presiden Jokowi sendiri juga dijadwalkan akan berkunjung ke kamp pengungsi etnis Rohingya yang berada di Cox’s Bazaar pada Minggu 28 Januari. Usai merampungkan agenda di Bangladesh, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan singgah di Afghanistan sebelum kembali ke Tanah Air.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami