Internasional

Usia 30 Tahun Bukan Jadi Pertanda Matinya Karier Petenis

BTN iklan

Lei-Pada umumnya, musuh terbesar bagi para atlet adalah usia yang tidak lagi muda. Di dunia tenis misalnya, di mana atlet pada usia 27-30 tahun disebut sebagai usia emas. Namun begitu memasuki usia 31, maka kebugaran akan berkurang dan performa pun akan menurun.

Stigma tersebut tentunya hanya gambaran umum, melihat bagaimana para atlet pada umumnya berkarier. Namun, hal itu tidak selalu terjadi karena beberapa atlet terbukti mampu melanjutkan eksistensinya dan tetap tampil gemilang meski sudah di atas usia 30 tahun.

Gambaran atlet tersebut terpampang nyata dalam kejuaraan tenis dunia 2017. Bagaimana tidak, pasalnya seluruh kejuaraan berlevel grand slam di 2017, disabet oleh atlet yang telah berusia di atas 30 tahun. Mereka adalah Rafael Nadal dan Roger Federer.

 Di tahun 2017, Nadal menginjak usia 31 tahun, sementara Federer berusia 36 tahun. Kendati demikian, prestasi kedua orang tersebut justru semakin gemilang di usia yang tak lagi muda. Nadal menggondol gelar juara AS Open dan Prancis Open serta kini menempati posisi satu dunia. Sedangkan Federer menjuarai Australia Open dan Wimbledon serta kini menghuni ranking dua dunia.

Tidak hanya kedua atlet tersebut. Pasalnya, petenis asal Afrika Selatan, Kevin Anderson, justru mencapai puncak kariernya di tahun 2017, kala usianya telah menginjak 31 tahun. Selama ini, prestasi terbaik Anderson hanyalah sampai di babak keempat turnamen grand slam. Namun, di musim 2017 Anderson justru bisa melangkah hingga partai final dalam kejuaraan AS Open.

“Saya kira terdapat beberapa alasan (bagi atlet berumur namun tetap berprestasi). Salah satunya adalah persepsi yang telah berubah. Saya kira Anda hanya harus melakukan yang terbaik di setiap pertandingan, meski sudah di atas usia 30. Sekarang banyak Anda dapati orang-orang yang berusia 30-an memainkan pertandingan tenis terbaik mereka,” jelas Anderson, menukil dari Tennis World USA, Sabtu (30/12/2017).

“Saya tidak berpikir Federer masih berlaga di luar sana karena ia membutuhkan mendapatkan penghasilan. Saya pikir dia memiliki passion pada pertandingan dan telah menyebar ke seluruh jajaran,” tuntas Anderson.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami