Hukum

Ustaz Zulkifli Jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Ini Kronologinya

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Bareskrim Polri menetapkan Ustaz Zulkifli Muhammad Ali sebagai tersangka ujaran kebencian dan menyebarkan kabar bohong. Saat ini, Ustaz Zulkifli tengah menjalani pemeriksaan di Ditsiber Bareskrim.

Analisis Kebijakan Madya Divisi Humas Polri Kombes Sulistyo Pudjo mengatakan, penetapan Zulkifli berdasar laporan dengan nomor LP/1240/XI/2017/Bareskrim tanggal 21 November 2017.

Pudjo menyebut dalam kasus ini memang tidak ada pihak yang melapor. “Sebab, kami berdasarkan hasil patroli siber, ada informasi viral di internet,” kata dia di Bareskrim Polri, Kamis (18/1).

Pudjo mengatakan, video itu tersebar di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan medsos lainnya. “Bahkan melewati 70 ribu (share) dan banyak komplain di masyarakat karena viral,” imbuh dia.

Dari video itu, polisi mendapati banyak komentar negatif.

Polisi akhinya melakukan penyelidikan terkait ucapan Zulkifli. “Kami cari siapa, kontennya apa, ke mana saja, ini benar atau tidak, kalau benar enggak ada masalah,” tambah dia.

Namun, yang diucapkan Zulkifli tidaklah benar. Atas dasar itu, polisi membuat laporan sendiri dan terlapor adalah Zulkifli. Proses penyidikan, kata Pudjo, juga tidak sebentar. Pasalnya, penyidik sudah melakukan pemeriksaan saksi dan ahli.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Zulkifli juga menyampaikan bahwa dari pihak kepolisian tidak ada niat untuk kriminalisasi ulama. “Saya merasakan bahwa pak Dir (Brigjen Pol Fadil Imran) bilang tidak ada keinginan polisi kriminalisasi ulama. Justru kami memualiakan ulama,” kata Ustaz Zulkifli usai diperiksa di Bareskrim Polri, Kamis (18/1/2018).

Ustaz Zulkifli menegaskan, polisi merupakan mitra rakyat dalam menjaga NKRI. “Pemerintah bukan musuh kita. Mungkin ada kekuatan jahat ingin memecahbelah kita dan ingin kita hancur,” katanya.

Ustaz yang dikenal sebagai Ustaz Akhir Zaman itu juga mengajak umat Islam untuk mempererat rasa persatuan dan persaudaraan. “Kita harus menjaga kembali kesatuan persatuan secara bersama-sama dari seluruh mazhab kita adalah bersaudara,” tutupnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami