Internasional

Utusan PBB Untuk Libya Laporkan Kemajuan Dalam Bidang Politik

BTN iklan

PBB, New York,(Lei) -Proses politik bagi peralihan pasca-konflik di Libya telah membuat kemajuan selama dua bulan belakangan dan dua parlemen yang bersaing mungkin mencapai konsensus dalam waktu dekat bagi masa depan politik.

“Diluncurkannya kembali proses politik telah mencapai momentum,” , kata Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Libya Ghassan Salame dan pemimpin Misi Dukungan PBB di Libya kepada Dewan Keamanan (DK) dalam penjelasan pada Kamis (16/11).

Dua sidang telah diselenggarakan dengan ketikut-sertaan anggota dari Majelis Perwakilan Rakyat dan Dewan Tinggi Negara –parlemen yang bertikai di negara Afrika Utara tersebut– agar menyepakati serangkaian perubahan pada kesepakatan perdamaian 2015, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. “Sejak pertemuan kedua pihak itu, kedua lembaga tersebut telah mengadakan kontak terus-menerus. Walaupun banyak kemajuan dibuat, beberapa masalah yang tersisa masih harus disepakati. Saya sangat yakin kami dekat dengan konsensus,” kata Salame kepada Dewan Keamanan.

Ia menyambut baik saling pengakuan kedua majelis tersebut dan pengakuan mereka pada kesepakatan perdamaian 2015 sebagai satu-satunya kerangka kerja yang tersedia guna mengakhiri krisis di Libya.

Libya telah terperosok ke dalam kekacauan sejak jatuhnya dan terbunuhnya Muammar Gaddafi pada 2011. Sejak 2014, negeri itu telah dikuasai secara terpisah oleh parlemen dan pemerintah yang bertikai dan berpusat di bagian barat serta timur negeri tersebut. (Antara/Xinhua-OANA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close