Hukum

UU Keistimewaan DIY Digugat

BTN iklan

Jakarta-LEI, Undang-undang Keistimewaan Daerah Yogyakarta (UUK DIY) nomor 13 Tahun 2012 digugat oleh seorang advokad bernama Muhammad Sholeh, yang telah mengajukan permohonan uji materiil di Mahkamah Konstitusi.

“Kami merasa dirugikan dengan berlakukan beberapa ketentuan dalam Undang Undang a quo,” ujar Sholeh dalam sidang pendahuluan di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa.

Adapun ketentuan yang dimaksud oleh pemohon adalah ketentuan dalam Pasal 18 ayat (1) dan (2), Pasal 19, Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22, Pasal 23, Pasal 24, Pasal 25, Pasal 26, dan Pasal 28 ayat (5) UUK DIY.

Pasal-pasal tersebut mengatur mengenai pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur, persyaratan calon gubernur dan calon wakil gubernur, tata cara pengajuan calon, serta verifikasi dan penetapan gubernur dan wakil gubernur.

Dalam Pasal 18 ayat (1) huruf c UUK DIY menyebutkan bahwa syarat pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta harus bertahta sebagai Sultan Hamengku Buwono dan bertahta sebagai Adipati Paku Alam untuk calon Wakil Gubernur.

“Hal ini tidak demokratis, sebab menghalangi pemohon maupun warga negara lain untuk mencalonkan diri menjadi gubernur maupun wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelas Sholeh.

Pemohon juga menyebutkan bahwa ketentuan anak perempuan Sultan Hamengku Buwono tidak bisa mencalonkan atau pun dicalonkan menjadi gubernur maupun wakil guberbur, merupakan pelanggaran hak asasi manusia terkait dengan perspektif gender.

Lebih lanjut pemohon menyebutkan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan keberadaan Sultan Hamengku Buwono dan Adipati Paku Alam, namun menurut pemohon setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama termasuk untuk menjadi kepala daerah.

“Tahta Sultan dan Adipati Paku Alam itu seumur hidup, itu berarti jabatan gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta seumur hidup dan tidak bisa dikontrol oleh siapapun,” pungkas Sholeh.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2.349 Komentar

  1. I’ve been browsing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article
    like yours. It is pretty worth enough for me.
    In my opinion, if all web owners and bloggers
    made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami