Internasional

Venezuela Tahan Lima Polisi Terkait Kebakaran di Penjara Valencia

BTN iklan

CARACAS (LEI) – Pihak berwenang Venezuela menangkap lima perwira polisi negara bagian atas dugaan keterlibatan mereka dalam kerusuhan dan kebakaran yang menewaskan 68 orang di penjara sebuah kantor polisi pekan ini.

“Kantor kejaksaan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi lima pejabat PoliCarabobo yang diisyarat bertanggung jawab atas insiden tragis yang menyebabkan kematian 68 warga di sel-sel markas polisi daerah tersebut: MEREKA TELAH DITAHAN #Justice,” demikian disampaikan Jaksa Tarek Saab sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (1/4/2018).

Mantan gubernur dari Partai Sosialis yang dekat dengan Pemerintahan Presiden Maduro itu tidak memberikan bukti atau keterangan lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Keluarga dari tahanan yang tewas dan seorang tahanan yang tewas dalam insiden itu mengatakan telah terjadi tembak menembak dengan polisi di penjara Valencia, Ibu Kota Negara Bagian Carabobo, di mana kebakaran itu terjadi pada Rabu pagi. Seorang narapidana mengatakan, salah satu perwira polisi menyiram seorang tahanan dengan bensin dan menyulutnya dengan api melalui jeruji sel yang sempit.

Oposisi Venezuela menyalahkan tragedi ini pada ketidakmampuan Presiden Maduro untuk mereformasi penjara Venezuela yang berjalan tanpa hukum di mana napi menyerang dengan senjata dan mengatur kejahatan dari sel.

Beberapa kasus pembunuhan, kanibalisme, peredaran obat terlarang telah dilaporkan terjadi di penjara Venezuela yang penuh sesak. Kondisi tersebut menyebabkan pihak berwenang kesulitan untuk mengakomodasi para tahanan di penjara yang tersedia dan mengalokasikan mereka ke fasilitas penahanan sementara seperti di Valencia.

“Situasi di pusat penahanan dan sel penjara polisi di Venezuela tidak dapat diterima!” Kata anggota parlemen oposisi Miguel Pizarro.

Para politisi oposisi juga mengkritik pemerintah karena sudah bungkam mengenai insiden itu. Pemerintahan Maduro hanya mengeluarkan pernyataan pada Jumat malam mengungkapkan dukacita kepada kerabat dan presiden belum secara terbuka berbicara tentang jatuhnya korban jiwa.

Televisi pemerintah lebih berfokus menayangkan laporan mengenai pantai di Venezuela selama Paskah. Para Menteri di Pemerintahan Maduro juga sebagian besar memilih diam dan tidak memberikan komentar mengenai kebakaran tersebut. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami