LifestyleLiputan

Vihara Dharma Bakti Akan Menjadi Pusat Imlek

BTN iklan

Jakarta/Lei- Vihara Darma Bakti di Kawasan Petak Sembilan Jakarta Barat menjadi salah satu pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta,

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Vihara bagi umat Tridarma yang juga dikenal dengan nama Kim Tek Le ini selalu dipadati oleh masyarakat Tionghoa yang hendak beribadah saat tahun baru Cina itu,demikian pantauan Antara.

Nuansa warna merah terlihat lekat dari berbagai ornamen Imlek seperti lampion, lilin, dan lain-lain. Begitu pun dengan warna busana yang dikenakan oleh para pengunjung vihara.

Selain membakar dupa dan memanjatkan doa, umat Tridarma ini juga saling bercengkrama satu sama lain.

Perayaan Imlek di Petak Sembilan juga dipadati oleh kehadiran pengemis dadakan yang berkumpul di depan pintu masuk Vihara.

Pengurus Vihara Dharma Bakti Gunawan Djajaputra mengatakan, seperti perayaan Imlek yang lalu, pengemis memang biasa datang ke Vihara tertua di Jakarta itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, di hari Imlek ini pihaknya ikut menjaga perayaan dengan menurunkan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S).

Tidak hanya di Vihara Darma Bakti, Petugas P3S ini juga diterjunkan di beberapa vihara atau klenteng lain di Jakarta seperti Vihara Bio Hok Tek Tjeng Sin di Kebayoran lama, Jakarta Selatan hingga Vihara AvaloKitesvera Vipassana di Graha Sunter Jaya Jakarta Utara.

Chaidir tak memungkiri, pengemis saat Imlek sudah menjadi budaya sejak lama.

Pengelola vihara biasanya memberikan sembako atau angpao kepada warga sekitar sehingga banyak warga yang datang ke vihara untuk mendapatkan peruntungan.

Selain itu, saat melakukan penjagaan, Petugas P3S bekerja sama dengan aparat keamanan lainnya seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP dan satuan pengamanan vihara.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami