Hukum

Wagub DKI Jakarta mengajukan diri jadi saksi kerumunan Habib Rizieq, Ngapain ?

BTN iklan

LEI, Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, disebut akan menjadi salah satu saksi di sidang kasus kerumunan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab. Hal itu disampaikan oleh kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar.
Mulanya, Aziz ditanya mengenai berapa saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) hari ini. Dia menyebut 5-10 orang saksi yang akan dihadirkan jaksa.

“Mungkin ada lima atau sepuluh saksi kasus kerumunan,” ujar Aziz di depan PN Jakarta Timur.

Aziz kemudian menyebut Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan menjadi salah satu saksi di persidangan. Dia mengatakan saksi-saksi itu dihadirkan sesuai dengan BAP.

“Urutan aja dari BAP-nya. (Anies Baswedan) nggak ada di kesaksian. Yang ada Wakil Gubernur DKI, harusnya hari ini,” kata Aziz.

Pantauan LEI di lokasi, Habib Rizieq telah tiba di PN Jakarta Timur sekitar pukul 08.10 WIB diantar menggunakan mobil Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Dia tiba dengan pengawalan ketat polisi.

Sejumlah personel polisi juga berjaga di depan PN Jakarta Timur. Selain itu, pagar berduri dipasang di depan pengadilan.
Tak hanya personel, kendaraan seperti water canon, barracuda, kendaraan pengurai massa (raisa) juga disiagakan. Kondisi lintas di depan PN Jakarta Timur terlihat ramai lancar. Sementara itu, belum ada massa simpatisan Rizieq yang berada di sekitar pengadilan.

Selain Habib Rizieq, ada lima terdakwa lain di kasus ini. Mereka merupakan eks Ketum FPI, Ahmad Shabri Lubis, Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.
Mereka didakwa melakukan penghasutan sehingga menimbulkan kerumunan di Petamburan yang dianggap melanggar aturan mengenai pandemi virus Corona (COVID-19). Penghasutan ini disebut terjadi pada saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebagai informasi, Riza pernah diperiksa polisi saat menyelidiki kasus kerumunan. Riza menyampaikan klarifikasi terkait kerumunan massa dalam acara Habib Rizieq Shihab. Riza saat itu diperiksa polisi selama 8 jam.

“Hari ini saya sudah diterima untuk menyampaikan klarifikasi. Semua pertanyaan saya jawab apa adanya, tidak ada ditambah dan dikurangi sesuai dengan fakta data yang saya ketahui. Dalam pelaksanaannya dari jam 11.00 WIB lewat sampai jam 19.00 WIB, kurang lebih 8 jam,” kata Riza Patria kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Riza mengatakan ada 46 pertanyaan yang dilontarkan oleh penyelidik, mayoritas berkaitan dari tugas dan wewenangnya sebagai Wagub DKI. Dia menambahkan, persoalan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet dan Petamburan juga turut dibahas oleh penyelidik.

Namun Riza tidak memerinci lebih jauh terkait substansi dari pertanyaan tersebut. Dia mengatakan pihaknya telah menyerahkan hal tersebut kepada aparat kepolisian.

“Tadi keterangan yang saya sampaikan terkait identitas diri, pekerjaan, jabatan tugas, wewenang, dan pertanyaan lain seperti masalah di Tebet dan juga Petamburan. Detailnya silakan teman-teman tanyakan ke penyidik,” ujarnya.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami