Lifestyle

Wanita di Bidang Kesehatan dalam Heroins of Health

BTN iklan

JAKARTA/Lei  – Data WHO menyebutkan bahwa secara global perempuan berkontribusi sebesar 75% sebagai tenaga kesehatan di berbagai pelosok wilayah. Namun seringkali mereka tidak mendapat pengakuan dan kisah perjuangan mereka kerap tidak terdengar, padahal peran perempuan dalam bidang kesehatan sangatlah penting.

GE Healthcare sebagai penyedia inovasi teknologi dan solusi di bidang kesehatan bersama dengan Women in Global Health, sebuah inisiatif yang mengupayakan kesetaraan gender di industri kesehatan global, berkolaborasi dalam rangka mengapresiasi peran perempuan dalam industri kesehatan, melalui penghargaan ‘Heroines of Health’ yang diadakan perdana pada tahun ini. Telah terpilih 13 perempuan dari 11 negara yang membuktikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kesehatan di komunitasnya dan salah satunya adalah dari Indonesia, Rohani Dg Te’ne yang berasal dari Desa Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Haris Izmee, Country Manager GE Healthcare Indonesia, mengatakan, “GE Healthcare berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui ‘Heroines of Health’, kami ingin mengangkat upaya tak kenal lelah dan pencapaian yang dilakukan para perempuan penerima penghargaan ini dan meningkatkan keterlibatan perempuan dalam industri kesehatan. Kami sangat bangga karena Ibu Rohani, yang mewakili Indonesia, terpilih menjadi salah satu sosok yang dinilai memiliki kontribusi tinggi terhadap industri kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak.”

Kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia sendiri menghadapi tantangan perihal angka kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena masih banyak daerah di pelosok Tanah Air yang memerlukan fasilitas dan tenaga kesehatan memadai untuk melayani masyarakat lebih intens.

Dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menjelaskan, “Data yang kami peroleh pada tahun 2016, angka kematian ibu karena kehamilan, melahirkan, dan nifas telah mencapai 4.912 kasus di Indonesia. Menghadapi masalah ini, kami secara bertahap menyediakan fasilitas dan tenaga kesehatan di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, agar dapat mengurangi angka kematian ibu hamil dan melahirkan tersebut. Upaya ini tentunya tidak lepas dari pentingnya peran serta masyarakat seperti yang dilakukan oleh Ibu Rohani. Kami juga sangat mengapresiasi GE Healthcare, yang melalui penghargaan ‘Heroines of Health’ ini dapat mengidentifikasi dan menghargai kerja keras perempuan-perempuan tangguh di bidang kesehatan.”
Rohani Dg Tene adalah seorang sukarelawan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan ibu dan anak. Beliau terpilih berdasarkan dedikasinya selama lebih dari 20 tahun untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama ibu hamil selama pemeriksaan berkala setiap bulan dan ketika akan melahirkan dengan mendampingi mereka untuk menjangkau Puskesmas terdekat yang berjarak 2 kilometer dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam.

Rohani Dg Tene mengutarakan, “Saya sangat bangga dapat terpilih sebagai penerima penghargaan ‘Heroines of Health’ dan berterima kasih kepada GE Healthcare atas apresiasi yang diberikan serta kesempatan untuk menceritakan kisah saya. Saya terdorong untuk membantu para ibu hamil karena memahami besarnya resiko yang mereka hadapi baik selama kehamilan, saat melahirkan, dan pasca melahirkan. Saya berharap dengan mengingatkan mereka untuk periksa berkala dan mendampingi saat melahirkan, angka kematian ibu hamil di lingkungan saya akan semakin berkurang.”

Kontribusi Rohani Dg Tene dikisahkan dalam sebuah film dokumenter berjudul ‘Heroines of Health’, karya sutradara Lisa Russell dan diproduseri oleh GE Healthcare, yang juga melibatkan dua penerima penghargaan lainnya dari Kenya dan India. Dalam film tersebut akan diceritakan seberapa besar dampak peran dan kepedulian mereka dalam meningkatkan kesehatan di komunitas. Trailer resmi film saat ini dapat disimak melalui akun resmi Instagram @HeroinesofHealthFilm (https://www.instagram.com/heroinesofhealthfilm/). Film berdurasi lengkap akan diluncurkan di akun Facebook resmi GE Healthcare (https://www.facebook.com/GEHealthcare/videos/) mulai tanggal 19 Juli 2017 pukul 06.00 WIB.

“Kami berharap inisiatif dan komitmen Ibu Rohani ini menjadikan beliau sosok yang dapat menginspirasi para perempuan yang berkecimpung di bidang kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak, di daerah pelosok Indonesia,” tutup Haris Izmee

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami