Internasional

Wapres AS Mungkin Temui Pejabat Korut di Olimpiade Pyeongchang

BTN iklan

LIMA, Lei – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillersonmengatakan, tidak menutup kemungkinan Wakil Presiden (Wapres) Mike Pence akan bertemu dengan pejabat Korea Utara (Korut) saat berada di Pyeongchang, Korea Selatan. Orang nomor dua di AS itu akan memimpin delegasi atlet Negeri Paman Sam untuk mengikuti Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

“Dengan penuh rasa hormat terkait kunjungan Wakil Presiden ke Olimpiade (Musim Dingin Pyeongchang), dan apakah ada kesempatan untuk berbagai bentuk pertemuan dengan Korea Utara, saya pikir kita harus menunggunya. Kita hanya harus menunggu apa yang terjadi,” ujar Rex Tillerson di Lima, Peru, mengutip dari Washington Post, Selasa (6/2/2018).

Sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya menepis adanya kemungkinan pertemuan dengan Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018. Pernyataan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rex Tillerson adalah indikasi pertama mengenai kemungkinan pertemuan tersebut.

Rex Tillerson berulang kali mengatakan bahwa Washington tengah menunggu sinyal dari Korea Utara bahwa mereka menghendaki dialog untuk membahas program senjata nuklir. Mantan petinggi perusahaan energi itu bahkan mengatakan pertemuan bisa saja terjalin lewat obrolan ringan dan singkat.

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 bisa saja menjadi pembuka jalan bagi dialog tersebut. Korea Utara pada Senin mengumumkan akan mengirimkan Kim Yong-nam ke Korea Selatan. Presiden Presidium Majelis Agung Rakyat Korea Utara itu akan memimpin delegasi saat upacara pembukan pada Jumat 9 Februari. Yong-nam memiliki jabatan formal sebagai Kepala Negara Korea Utara.

Sementara itu, Mike Pence akan memimpin rombongan delegasi AS dalam upacara pembukaan. Di sisi lain, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sudah memastikan hadir selain Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, selaku tuan rumah.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami