BTN ads
LifestyleTraveling

Warga Bangka Buat Teh dari Bunga Buah Naga

Jakarta (LEI) – Teh umumnya dibuat dari daun teh yang masih segar. Daun yang dicincang dan diproses dengan baik menjadikan teh yang nikmat.

Namun, teh sekarang ini tak cuma bisa dibuat dari daun teh saja. Seorang warga Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung bernama Sudarto berhasil membuat teh dari bunga buah naga.

“Saya awalnya mencoba,ternyata berhasil dengan cita rasa yang lumayan nikmat,” kata Sudarto kepada Antara.

Untuk membuatnya, setelah dipetik, bunga buah naga harus dijemur sampai kering. Setelah kering, Sudarto pun menyeduh bunga buah naga menjadi teh buah naga atau tisane.

Hanya saja untuk membuatnya jadi lebih nikmat dan cita rasanya lebih mantap, Sudarto punya trik tersendiri.

“Bisa juga bunga tersebut digiling atau ditumbuk agar teksturnya lebih halus dan cita rasanya lebih nikmat,” katanya.

Awalnya dia mengaku teh bunga buah naga ini hanya untuk konsumsi sendiri. Namun, karena cita rasanya yang dianggap unik dan enak, banyak orang yang ingin mencicipinya. Dia pun lantas memproduksi teh bunga buah naga dalam jumlah besar.

“Saya juga tidak mengira teh ini diminati banyak orang karena awalnya hanya dibuat untuk konsumsi pribadi, namun sekarang sudah banyak permintaan,” ujarnya.

Sudarto mengembangkan produk teh bunga buah naga dalam industri rumahan atau diolah secara tradisional dan belum berpikir untuk menjadikannya sebagai usaha yang lebih besar. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close