Olahraga

Wasit Elite Dikontrak Rp965 Juta Selama Piala Dunia 2018

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – FIFA mengumumkan para wasit elite yang akan memimpin pertandingan di Piala Dunia 2018 akan mendapat dikontrak dengan nilai US$70 ribu atau setara Rp965 juta.

Dikutip dari Total Sportek, angka tersebut merupakan nilai kontrak para wasit elite selama Piala Dunia di Rusia dan belum termasuk bayaran per pertandingan. Setiap wasit nantinya akan mendapat bayaran US$3.000 (Rp41 juta) per pertandingan yang mereka pimpin.

Nilai kontrak tersebut mengalami kenaikan dibandingkan Piala Dunia edisi 2010 dan 2014. Pada dua edisi tersebut, masing-masing wasit elite diikat kontrak US$50 ribu (Rp690 juta).

Total ada 16 wasit yang masuk dalam elite panel dengan nilai kontrak dan bayaran per pertandingan seperti tercantum di atas. Nama-nama seperti Cuneyt Cakir, Felix Brych, Sergey Karasev, dan Bjorn Kuipers.

Total ada 38 wasit yang akan memimpin laga di Piala Dunia 2018. Para wasit di luar kategori elite tentu memiliki kontrak tidak setinggi para wasit elite FIFA. Bayaran mereka pun beragam.

Bayaran untuk masing-masing asisten wasit pun jauh berbeda dari yang diterima wasit elite pada Piala Dunia 2018 mendatang. Para asisten wasit seperti hakim garis, dan asisten wasit garis gawang hanya mendapat bayaran US$2.000 (Rp27 juta) per pertandingan.

Untuk nilai kontrak, para asisten wasit di Piala Dunia 2018 mandapat bayaran USS25 ribu (Rp344 juta). FIFA selaku penyelenggara utama sengaja menaikkan nilai kontrak demi meningkatkan mutu para wasit.

Wasit-wasit ini juga dipilih oleh panel pemilihan wasit yang dilakukan FIFA berdasarkan reputasi dan rekam jejak mereka di laga-laga level elite di Eropa dan dunia.

Beberapa wasit yang masuk level elite pun adalah mereka yang biasa memimpin pertandingan di Liga Champions maupun Piala Eropa 2016.

[CNN]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami