NasionalTekno

Waze Tawarkan Layanan Pasang Iklan di Indonesia lewat Waze for Brands

BTN iklan

(LEI)- Pada 28 Maret 2018, aplikasi penyedia layanan navigasi Waze mengumumkan peluncuran Waze for Brands di Indonesia. Dengan layanan ini, calon klien yang tertarik beriklan di platform tersebut bisa langsung menghubungi perwakilan Waze di Indonesia dan tak lagi melalui reseller.

Marlin R. Siahaan selaku Country Manager Waze Indonesia mengatakan peluncuran Waze for Brands merupakan bentuk komitmen pihaknya meningkatkan pertumbuhan pengguna dan bisnis di Indonesia.

Secara sederhana, Waze menawarkan beberapa format iklan kepada calon pengiklan. Untuk harganya, Waze biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan klien.

Kami punya rate card, tapi berapa biayanya itu tergantung kebutuhan klien.

 Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia

Dari beberapa bentuk iklan tersebut, ada iklan yang juga menampilkan banner dari brand pengiklan. Banner ini baru muncul ketika Waze mendeteksi mobil sedang berhenti, terjebak kemacetan, atau di lokasi-lokasi tertentu.

Adapun saat ini Waze masih fokus menawarkan iklan pada beberapa industri tertentu yang dinilai relevan dengan platform mereka, seperti otomotif, bahan bakar kendaraan, retail, hingga restoran cepat saji. Namun berapa total brandyang telah menjadi klien Waze, Marlin belum bisa mengungkapkannya pada publik.

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan | Photo

Berbeda dengan Google Maps

Sejak menerima tawaran akuisisi dari Google pada tahun 2013, hingga kini Waze masih menjadi bagian dari unit usaha perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut. Sebelum mengakuisisi Waze, Google sebenarnya sudah memiliki layanan hampir serupa, yakni Google Maps sejak tahun 2005.

“Waze lebih ke navigasi, Google Maps lebih ke discovery.”

Meski begitu, Marlin menilai Waze dan Google Maps merupakan dua produk yang memiliki fungsi berbeda. Waze, kata Marlin, lebih condong sebagai platform navigasi yang membantu pengguna melakukan perjalanan dari titik satu ke titik lainnya.

Bidik momen bulan puasa dan lebaran

Peresmian Waze for Brands juga sebagai upaya Waze menjawab kebutuhan klien terkait kebutuhan promosi pada momen-momen tertentu. Terutama menjelang bulan puasa dan lebaran.

“Saat pengguna lagi mudik misalnya. Mereka bisa memberitahu pengguna agar berhati-hati di jalan dan ada tulisan pesan tersebut disampaikan oleh brand tertentu. Kuncinya grabbing moment di jalan.”

Saat berdiskusi dengan klien, Marlin menuturkan pihaknya juga memberikan penjelasan terkait mobility insight. Setelah mendapatkan penjelasan, klien akan mengutarakan kebutuhannya terkait pemasangan iklan di Waze.

read also

Saat ini ada juga platform lain yang menawarkan layanan navigasi dalam perjalanan seperti Sygic. Platform ini juga sudah melakukan monetisasi, namun tidak menawarkan dalam bentuk iklan melainkan beberapa opsi layanan berbayar kepada penggunanya.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=tclCA-ZZO0o?version=3&rel=1&fs=1&showsearch=0&showinfo=1&iv_load_policy=1&wmode=transparent]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami