Liputan

WEBINAR NASIONAL SERIES 3 dari Hukum Perdata dan Ekonomi Fakultas Hukum Universitas Bengkulu

BTN iklan

LEI, Jakarta– Universitas Bengkulu membuat WEBINAR yang membuka wawasan bagi masyarakat Indonesia dalam hal peka terhadap Hukum Adat yang ada di Indonesia, WEBINAR ini dengan tema “Penyelesaian Sengketa Melalui Damai Adat”.
Pembicara dalam acara  WEBINAR NASIONAL SERIES 3 dari Hukum Perdata dan Ekonomi Fakultas Hukum Universitas Bengkulu antara lain Dr. St. Laksanto Utomo, S.H.,M.Hum., dari Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Adat dan Andry Harijanto, S.H.,M.Si., dengan Moderator Dimas Dwi Arso, S.H., M.H.

Dalam pembahasannnya Dr. St. Laksanto Utomo, S.H.,M.Hum., yang mengangkat penyelesaian Konflik Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Konflik Berbasis Kearifan lokal ini bersinggungan dengan Kondisi Indonesia berdasarkan beragam agama, beragam suku beragam budaya beragam istiadat dengan melingkupi potensi konflik. Dari Potensi Konflik ini membuka beberapa konflik yang berkembang menjadi Konflik Sosial, Konflik Budaya dan Konflik Multimedimensional dengan dibantu benturan kepentingan Individu maupun Kelompok.
Beliau juga menjelaskan adanya kelebihan dari kearifan lokal sendiri dimana kearifan lokal dapat bertahan terhadap Budaya Luar, Berkemampuan mengakomodasi Budaya Luar ataupun mampu mengintegrasikan budaya luar dengan budaya adat sehingga mampu mengendalikan kearifan lokal untuk tetap terjaga. Kearifan Lokal sendiri terdapat pendekatan dari Asas Rukun, Asas Patut dan Asas Laras. dari Asas Ini terciptnya keserasian, kedamaian , keselarasan dan keseimbanagn dari Masyarakat adat dengan damai. Modal Sosial untuk menyelesaikan Konflik dari Adat sendiri adalah adanya keserasian, kedamaian, keselarasan dan keseimbangan yang tercurah dari rasa kebersamaan kepercayaan antar masyarakat adat maupun pendatang untuk menyelesaikan masalah yang ada di wilayah Adat.

Andy Universitas Bengkulu juga menyampaikan permaslahan dalam perda yang masih simpang siur denengan masalah yang ada di masyarakat adat dengan beberapa perkara dan kepentingan yang menghantui. Proses damai Adat Di pulau Enggano dibawakan oleh Andry Harijanto, S.H., M.Si

WEBINAR ini dihadiri oleh 500 peserta yang tersebar di seluruh indonesia.

Jika anda penasaran dengan webinar tersebut dapat melihat tayangan di link youtube :

 

Kontributor: Dwitya Yonathan N

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami