KesehatanLifestyle

Workshop Intervensi Perifer dan Pemasangan Ring Pada Kaki Diabetik

BTN iklan

Tanggerang (lei) – Rumah Sakit Awal Bros yang merupakan jaringan rumah sakit swasta nasional adalah grup rumah sakit yang memiliki jumlah akreditasi dari Joint Commission International (JCI) terbanyak di Indonesia. Pada (15/9) Rumah Sakit Awal Bros di Tangerang mengadakan acara workshop dan seminar Peripheral Intervention dengan tema “Update Intervensi Perifer Pada Kaki Penderita Diabetes Mellitus”. Acara tersebut dihadiri oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular seluruh Indonesia.

dr. Yudistira Panji Sentosa SpPD-KKV Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular Rumah Sakit Awal Bros Tangerang mengatakan bahwa kasus Penyakit Arteri Perifer (PAP) mulai banyak ditemukan di masyarakat dan mengalami peningkatan. Prevalensi PAP sebanyak 17% di negara Asia.[1] Faktor risiko PAP diantaranya adalah aterosklerosis akibat usia, merokok, dislipidemia, diabetes melitus (DM), dan hipertensi. “Penyakit arteri perifer adalah penyempitan pembuluh darah (arteri), terutama terjadi pada arteri yang memasok darah ke kaki. Aliran darah ke kaki menjadi tersumbat karena timbunan lemak pada dinding arteri yang berasal dari kolesterol atau zat buangan lain (artheroma). Kaki juga sering terasa nyeri bila berjalan,” ujar dokter Yudistira.

Kaki diabetes masih merupakan masalah yang memerlukan perhatian khusus. Terapi intervensi pada kasus kaki diabetik dapat dilakukan dengan cara operasi bypass atau transluminal Angioplasty (PTA) atau disebut juga terapi endovaskular. Seperti halnya yang dilakukan pada jantung, untuk membuka sumbatan pada pembuluh darah di kaki ini bisa dilakukan terapi berupa ballooning, atau bisa juga dengan pemasangan stent atau ring (cincin). “Diharapkan dengan kemajuan teknologi terapi endovaskular ini ataupun pemasangan ring pada kaki diabetik dapat menekan angka amputasi,” terang dokter Yudistira.

dr. Elizabeth MH.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Awal Bros Tangerang mengatakan bahwa Sebagai Rumah Sakit terpercaya dan terbesar di Indonesia, Rumah Sakit Awal Bros berupaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran dan kepedulian akan kesehatan. Didukung dengan fasilitas lengkap dan tenaga medis yang berpengalaman, Rumah Sakit Awal Bros melayani mulai dari pencegahan, deteksi dini dan pengobatan.

“Rumah Sakit Awal Bros berupaya memberikan sistem pelayanan yang baik dan mutu berkualitas. Dengan tenaga ahli yang memiliki kompetensi baik dibidangnya dan mumpuni sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan berstandar internasional ,” ujar dokter Elizabeth.

 

 

[1] Kannel WB, Mc Gee DL. Update on some epidemiologic features of intermittent claudication: the Framingham study. J Am Geriatr Soc.

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Komentar

  1. I do consider all the concepts you’ve presented for
    your post. They’re really convincing and will definitely work.

    Still, the posts are very quick for beginners.

    Could you please prolong them a little from next time? Thank you for the post.

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami