BTN ads
NasionalTekno

XWORK Segera Sediakan Layanan Pemesanan Ruang Rapat di Restoran dan Hotel

(LEI)-Demi mengakomodasi kebutuhan pengguna akan permintaan pemesanan ruang rapat di restoran, XWORK akan segera menyediakan layanan pemesanan ruang rapat dengan paket makanan di restoran secara online.

XWORK sendiri merupakan startup yang menghubungkan pemilik bangunan dengan mereka yang membutuhkan ruangan untuk menunjang aktivitas pekerjaan. Saat ini, XWORK sudah menyediakan beberapa layanan pemesanan ruangan, seperti:

  • ruangan kantor
  • co-working space
  • hotel
  • event space
  • virtual office
  • ruang untuk training

Tampilan situs web XWORK | Screenshot

Layanan terbaru yang akan kami luncurkan dalam waktu dekat adalah pemesanan berbasis paket untuk ruangan meeting di hotel dan restoran. Harga yang ditawarkan adalah harga per pax. Paket ini sudah termasuk makanan. Ada beberapa paket yang akan lebih hemat daripada pembelian terpisah. Perkiraan kami, layanan ini akan tersedia di bulan April 2018.

 William Budihardjo, Co-Founder XWORK

Khusus pemesanan ruangan rapat di hotel, XWORK sebenarnya sudah menyediakannya sedari dulu. Hanya saja layanan tersebut tak dilengkapi dengan paket makanan.

“Paket yang akan kami luncurkan pada April nanti sudah termasuk coffee breaklunch, atau dinner. Layanan yang sekarang hanya pemesanan ruangan dengan fasilitas Wi-Fi dan air mineral,” kata William.

Sebelum menghadirkan layanan pemesanan ruangan hotel dan restoran, William menjelaskan bahwa selama ini XWORK juga sudah memfasilitasi kebutuhan makanan dan minuman bagi pengguna mereka yang memesan ruangan nonhotel. Caranya, mereka mengintegrasikan pemesanan tersebut ke mitra mereka yang berbisnis di bidang kuliner. Layanan katering dan snack ini bisa dipesan secara terpisah dalam bentuk permintaan tambahan.

Sejauh ini, ada beberapa platform lain yang menawarkan layanan serupa seperti Flyspaces, Venuekita, maupun Regus. Venuekita bahkan juga sudah memiliki layanan pemesanan ruang rapat di hotel dan restoran. Meski begitu, William menilai kebanyakan kompetitor XWORK fokus pada layanan sewa kantor, serviced office, dan co-working space. 

“Kami yakin masing-masing platform memiliki strategi yang berbeda sehingga akan menjangkau tipe customer dan pasar yang berbeda pula,” ucapnya.

Tim XWORK di acara GnB Accelerator | Photo

Tantangan otomatisasi proses bisnis

Meski berencana menghadirkan layanan baru dalam waktu dekat, William mengaku hingga kini pihaknya masih menghadapi tantangan dalam hal meningkatkan bisnis mereka. Tantangan itu lebih mengarah pada proses bisnis antara XWORK dengan pemilik sebuah venue.

William menjelaskan, pada umumnya pemesanan ruangan dilakukan dengan cara yang sangat konvensional, seperti memesan lewat telepon dan mengunjungi langsung ke lokasi. Ketika pihaknya mencoba melakukan otomatisasi pada proses bisnis ini, XWORK mulai menghadapi berbagai kendala.

“Misalnya, pemilik venue yang belum terbiasa dengan sistem pemesanan online, proses negosiasi yang kompleks, dan proses konfirmasi beberapa venue yang masih sangat konvensional. Tim teknologi dan produk yang tepat menjadi sangat penting dalam pengembangan platform ini. Kami ingin ke depannya bisa membuat proses pemesanan ruangan online semudah memesan kamar hotel,” kata William.

read also

Pada 2017 lalu, kata William, XWORK mencatat lebih dari seribu pemesanan ruangan secara online. Hal ini membuat XWORK mencatat pertumbuhan bisnis mencapai 350 persen jika dibandingkan pada tahun 2016. Namun berapa perbandingan nilai transaksinya, William menyatakan pihaknya belum bisa mengungkapkan data tersebut. (techinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close