KesehatanLifestyle

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengalami Kedinginan Ekstrem

BTN iklan

Jakarta, (LEI) – Suhu dingin yang ekstrem bisa berdampak pada berbagai hal buruk, termasuk hipotermia sampai kematian. Salah satu kasus hipotermia ini sempat dialami pesulap Limbad karena aksinya mengubur diri dalam tumpukan balok es selama 15 jam.

Sebenarnya tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk melindungi tubuh dari kedinginan. Namun jika Anda terlalu lama terpapar pada suhu dingin yang ekstrem maka kemungkinan terburuk harus dihadapi.

Lalu apa yang terjadi ketika tubuh terpapar dingin ekstrem?

1. Pembuluh darah kapiler menyempit
Di temperatur rendah, tubuh akan memberi prioritas untuk menjaga organ dalam tubuh tetap hangat. Aliran darah di pembuluh kapiler yang terdekat dengan kulit akan menyempit. Hal ini akan membuat tubuh Anda jadi semakin dingin.

2. Detak jantung dan pernapasan lebih cepat
Aliran darah yang terbatas akan membuat detak jantung jadi lebih cepat. Selain itu laju pernapasan juga jadi lebih cepat dan tekanan darah jadi semakin tinggi.

3. Menggigil
Menggigil adalah reaksi tubuh untuk membuat tubuh jadi lebih hangat dengan menggerakkan otot tubuh secara cepat.

4. Pucat
Mengutip berbagai sumber, orang yang mengalami kedinginan biasanya akan terlihat lebih pucat. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang terbatas di dalam tubuh.

5. Kebingungan
Ketika suhu tubuh mulai turun maka enzim dalam otak pun mengalami kesulitan bekerja. Hal ini menyebabkan kebingungan dan juga disorientasi.

Peneliti dari Jerman di Freie Universitat Berlin menemukan bahwa 25 persen dari 69 kasus kematian akibat hipotermia 1978-1994 mengungkapkan bahwa mereka mengalami kebingungan dan membuka semua pakaiannya sebelum meninggal.

6. Membiru
Di jangka waktu lama, kedinginan akan membuat tubuh jadi membiru. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Gejala ini disebut sebagai frostbite.

Dalam tahap ini, Anda akan merasa kesulitan untuk merasakan tubuh atau mati rasa.

7. Halusinasi dan amnesia
Karena jantung memompa darah yang lebih sedikit, otak pun kekurangan oksigen. Hal ini akan menyebabkan halusinasi dan juga amnesia.

8. Pingsan
Dalam satu tahap tertentu, orang yang tak sanggup lagi menahan dingin akan menyebabkan seseorang yang mengalami hipotermia jadi kehilangan kesadaran.

9. Kornea membeku
Dalam penelitian yang dilakukan Princeton University mengungkapkan bahwa memaksa membuka mata melawan suhu dingin dan angin kencang tanpa perlindungan akan membuat kornea membeku.

10. Jaringan tubuh dan anggota tubuh putus
Suhu rendah ekstrem akan membuat beberapa anggota tubuh atau jaringan tubuh rusak dan putus dengan sendirinya tanpa disadari. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami